7 Wisata Kuliner Bandung Mesti Kamu Beli


Selain dikenal sebagai kota industri kreatif dan kota mode, kuliner bandung juga populer enak-enak. Bahkan sampai mempunyai tempat tersendiri di hati mereka penggemar kuliner. Sebut saja seblak, cireng, mie yamin, sampai brownies. Semua makanan dari Bandung ini berhasil membius lidah siapapun yang mencicipinya.

Tetapi kuliner Bandung bukan melulu café-café trendi saja, beberapa kuliner legendarisnya juga pantas dicoba. Salah satunya adalah tempat-tempat sarapan yang cuma diketahui oleh warga lokal. Jadi, Bagi wisatawan yang bakal liburan menikmati tempat wisata terindah di Bandung, tidak usah kuatir kelaparan. Kamu bakal mudah menemukan aneka restoran dan tempat makan enak di Bandung dengan harga yang relatif terjangkau. Dan satu lagi, Kamu bakal bisa menjumpai wisata kuliner Bandung saat siang alias pun malam hari. Tidak heran apabila kota ini populer sebagai surganya kuliner Indonesia.

1. Cuanki Serayu
Cuanki adalah singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Kuliner bakso ini dulunya dijajakan memakai gerobak dorong sambil jalan kaki. Kini, tidak sedikit pedagang cuanki berjualan dengan membuka warung kaki lima, salah satunya di kawasan Jalan Serayu. Itulah mengapa kuliner satu ini kemudian dikenal dengan sebutan Cuanki Serayu.

Satu porsi cuanki biasanya terdiri dari bakso, siomay, tahu, dan batagor. Harga semangkuknya kurang lebih Rp15.000. Uniknya, tidak semacam tidak sedikit bakso berkuah kaldu daging sapi, Cuanki Serayu disiram dengan kuah rebusan tulang ikan. Penasaran ingin mencoba? Kamu bisa datang ke Warung Cuanki Serayu pukul 11:00 – 19:00.

2. Warung Kopi Purnama
7 Kuliner Legendaris di Bandung, Makan Enak Sambil Nostalgiaan Nihinstagram.com/warungkopipurnama
Ada yang tidak lebih rasanya kalau ke Bandung tanpa nongkrong. Dari dulu, warung kopi ini telah menjadi tempat nongkrong yang enjoy bagi semua kalangan.

Warung ini sudak berdiri sejak 1930, dan tetap eksis sampai sekarang. Awalnya, warung ini bernama “Chang Chong Seng” yang mempunyai pengertian “silakan mencoba!”. Tidak hanya menyaapabilan aneka kopi, ada pula makanan ringan semacam roti bakar, roti dadar ham, dan lumpia goreng. Lokasinya ada di Jalan Alkateri nomor 22. Harus ke sini, deh!

3. Batagor Hanjuang
Bandung adalah kotanya jajanan. Dan salah satu jajanan kuliner Bandung yang paling populer adalah batagor. Ada tidak sedikit opsi batagor Bandung yang bisa kamu coba. Tergolong batagor Hanjuang yang terletak di Jalan Astina, Cicendo. Seporsi batagor Hanjuang dibandrol dengan harga Rp 10.000 saja.

4. Roti Gempol
Sajian roti bakar di sini mempunyai tekstur yang tebal, dan terasa garing pada permukaan dan pinggirannya. Tidak hanya itu, penjual rotinya tidak pelit memberbagi selai, jadi selai membeludak ruah keluar dari sela-sela tumpukan roti.

5. Bebek Ali Borromeus
Di seberang RS Santo Borromeus, cocoknya di Jalan Hasanuddin, tersedia suatu  warung nasi bebek bernama Bebek Ali Borromeus. Kuliner kaki lima ini begitu populer sebab rasa bebek yang sedap, dagingnya lunak, dan tidak amis. Terus berhasil, saat ini warung kaki lima nasi bebek ini telah membuka rumah makan di Jalan Teuku Umar Blok 60 No 40.

Untuk satu porsi nasi bebek, kamu hanya butuh menyiapkan uang kurang lebih Rp20.000. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu telah bisa menikmati hidangan lezat berisi nasi, bebek, sambal, dan lalapan. Kalau tidak selera dengan menu bebek, kamu juga bisa memesan menu nasi dan ayam goreng. Apabila ingin berkunjung, kamu bisa datang ke warung kaki lima ini pukul 10:00 – 23:00 (kecuali Jumat, buka pukul 13:00 – 23:00).

6. Roti Bakar Gempol

Makan Enak Sambil Nostalgiaan Nihtripadvisor.co.id
Terbukti sih roti bakar telah sangat biasa, tapi hari ini kamu harus coba roti bakar yang telah sangat populer di Bandung. Roti Bakar Gempol menjadi kuliner legendaris khas Bandung sejak 1958. 

Roti Bakar Gempol memperkenalkan beberapa macam roti semacam roti tawar, roti manis, dan roti gandum. Pastinya juga dengan aneka macam topingnya yang sangat menggiurkan. Setiap harinya, Roti Bakar ini buka mulai pukul 07.00 sampai 21.00. Kedai ini rutin ramai saat sarapan dan makan siang. Jadi siap-siap mengantre ya!

7. Seblak Oces
Selain batagor, cuanki, alias cilok, kuliner Bandung yang khas lainnya merupakan seblak alias kerupuk yang dimasak memakai kuah. Kalian dapat mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur. Ada 2 tipe seblak di sini yaitu seblak basah serta seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 12.000 tergantung dengan opsi topping.
Labels: Foods

Thanks for reading 7 Wisata Kuliner Bandung Mesti Kamu Beli. Please share...!

Back To Top