Tips Membaca Yang Baik, Cepat dan Efektif


Membaca berasal dari kata dasar baca yang artinya memahami pengertian tulisan. Membaca adalah salah satu proses yang sangat penting untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Tanpa bisa membaca, manusia bisa dikatakan tak bisa nasib di zaman kini ini. Sebab nasib manusia sangat bergantung pada ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Dan untuk memperoleh ilmu pengetahuan itu, salah satunya dengan tutorial membaca.

Nah, agar kamu nggak lagi kewalahan dalam membaca materi saat mau ujian, kamu butuh menerapkan tutorial membaca dengan cepat, tetapi juga manjur. Dengan tutorial ini, kamu bakal lebih mudah meringkus materi yang diperlukan tanpa butuh membuang waktu membacanya terus-terusan. Apa saja cara-caranya?

1. Pilihlah waktu yang menurut kami sesuai untuk membaca
Waktu yang sesuai disini adalah waktu dimana tak tersedia gangguan, baik dari luar maupun dari dalam diri kita. Waktu yang sesuai disini hanya kami sendiri yang tahu kapan. Tetapi, sebagain besar orang percaya bahwa waktu yang baik untuk membaca, terutama buku pelajaran, adalah di pagi hari.

2. Jangan menggumamkan bacaan
Sadar nggak sih kalau tak jarangkali kami menggumamkan apa yang sedang dibaca? Sebetulnya, gaya membaca semacam ini nggak salah sih, hanya saja tak lebih manjur apabila dipakai untuk membaca buku pelajaran alias kuliah. Kamu bakal memakan waktu lama sebab membaca dengan cara kata per kata. Tidak hanya itu, kamu juga bakal rawan mengulangi wacana sebelumnya.

Untuk itu, jadikan membacamu manjur dengan mengurangi kebiasaan ini. Susah sih terbukti, tapi kamu bisa mulai mencobanya, kok. Caranya, pasang earphone di telingamu dan putarlah lagu instrumental; alias bisa juga dengan mengunyah permen karet. Dengan begitu, otakmu bakal terdistraksi dari vokalisasi wacana dan lebih fokus untuk membaca dan memahami saja

3. Bertanya
Bertanyalah mengenai hal-hal yang tak lebih Kamu pahami dalam bacaan. Apabila ada kata susah. Apabila maksud wacana tak mudah untuk dipahami, tanyakan terhadap orang yang lebih pakar alias kalau butuh tanyakan terhadap penulisnya. Dengan begitu, Kamu bakal terus memahami bacaan.

4. Baca keselurah buku
Tidak sedikit dari kita, yang membaca hanya mengambil berbagai tahap buku. Tanpa membaca dengan cara keseluruhan isi buku. Alhasil gagasan utuh sang penulis, tak bisa diketahui dengan cara menyeluruh. Memakai teknik skimming guna dengan cepat memahami isi suatu  buku terbukti baik, tetapi pemahaman Kamu bakal lebih baik lagi apabila membaca keseluruhan isi buku.

Saat ini, tak sedikit kejadian kesalahpahaman dalam membaca, dampak membaca tak sampah habis alias menyeluruh ini. Membaca adalah aktifitas yang positif, tapi bisa berubah negatif apabila Kamu tak sukses memahami dengan cara menyeluruh aspek pandang penulis. Oleh sebab itu, penting bagi kami untuk membaca dengan cara keseluruhan suatu  buku.

5. Posisi
Pastikan posisi membaca kami adalah posisi yang benar Posisi yang benar pada waktu membaca adalah duduk dengan posisi badan tegak, tak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dengan mata kami tak lebih lebih 30cm.

6. Pilih buku
Pilihlah buku yang bakal Kamu baca dengan bijak. Lihatlah judul buku, tulisan di sampul belakang, daftar isi, kalimat pembuka, dan baca sekilas isinya. Ini butuh diperbuat agar Kamu tak rugi membeli alias meminjam buku itu dari perpustakaan. Itu sangat menguras waktu dan biaya.

7. Mencatat Intisari
Membaca dan menulis adalah satu paket yang tak terpisahkan. Keduanya saling diperlukan dalam rangka mengisi satu sama lain. Kamu yang suka membaca, wajib menulis untuk mengikat makna, menambah daya ingat, mengawetkan ilmu, dan sebagai tanggung jawab Kamu sebagai orang yang berilmu.

Sedangkan Kamu yang suka menulis, wajib membaca setiap hari untuk memperoleh energi,makna dan pemahaman baru yang bakal menjadikan tulisan terus bernilai. Saat ini, Kamu bisa mencoba menuliskan instisari setiap Kamu berakhir membaca suatu  buku di Media Sosial yang Kamu punya.

Selain baik untuk menambah personal branding Anda, kegiatan ini juga adalah salah satu bentuk kontribusi positif yang bisa Kamu perbuat terhadap lingkungan sosial Anda.
Labels: Lifestyle

Thanks for reading Tips Membaca Yang Baik, Cepat dan Efektif. Please share...!

Back To Top