Pahami Gejala Kehamilan Ini dan Periksakan Diri

Memahami kondisi tubuh adalah hal yang paling awal untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Agar dapat mengetahuinya secara tepat, Anda perlu memahami berbagai gejala kehamilan berikut ini. Selengkapnya, inilah beberapa gejala kehamilan yang umumnya terjadi di awal kehamilan.

1. Kram Perut dan Flek
Kram perut menjadi tanda awal kehamilan yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Rasa nyeri yang dialami menyerupai nyeri ketika akan menstruasi. Akan tetapi, bedanya adalah kram ini diikuti oleh flek darah yang lebih pucat dibandingkan biasanya. Dengan demikian, kram perut tersebut bukan karena menstruasi, namun karena Anda sedang hamil.

2. Mual dan Muntah
Mual dan muntah merupakan tanda awal kehamilan berikutnya yang biasa dialami. Umumnya, wanita hamil akan mengalami kondisi ini di pagi hari. Kedua gejala ini lebih dikenal dengan nama morning sickness. Apabila mengalaminya, Anda harus menanganinya dengan segera. Minum minuman hangat dan beristirahatlah sejenak. Jauhi aroma menyengat.

3. Pusing
Pusing akan terasa menyertai gejala mual dan muntah yang dialami pada masa awal kehamilan. Hal ini wajar terjadi dan menjadi gejala yang paling sering terjadi. Ketika merasakan  pusing, beristirahatlah dan jangan memaksakan diri untuk beraktivitas. Penuhi juga waktu istirahat agar kondisi kesehatan semakin optimal dan mencegah rasa pusing.

4. Perubahan pada Payudara
Perubahan pada payudara saat hamil memang menjadi gejala utama dan mudah dideteksi. Gejala hamil lewat puting payudara adalah berupa puting yang lebih besar dan area sekitarnya yang lebih gelap dari sebelumnya. Perubahan ini juga diikuti dengan payudara yang lebih berisi dan lebih sensitif dengan rasa nyeri ketika disentuh.

5. Lebih Mudah Lelah
Lebih mudah lelah adalah gejala yang wajar dialami wanita saat hamil muda. Gejala alami ini disebabkan oleh perubahan hormon serta kinerja organ tubuh yang lebih banyak. Organ tubuh berusaha memenuhi kebutuhan ibu dan janin baik berupa oksigen, nutrisi, maupun kelancaran metabolisme.

6. Perubahan Mood
Mood atau suasana hati merupakan suatu perubahan non fisik atau psikis yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam mendeteksi kehamilan ketika terjadi perubahan suasana hati yang terlalu sering. Hal ini disebabkan atau dipicu oleh perubahan hormon. Anda harus berlatih untuk mengontrolnya.

Pengontrolan terhadap suasana hati ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Anda bisa lebih mudah beraktivitas dengan menerima perubahan yang terjadi. kondisi mental juga tidak terganggu karena kondisi psikis tetap terjaga dengan baik, sehingga menekan stres.

Setelah mengalami berbagai gejala umum di atas, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui kondisi sebenarnya. Kepastian Anda hamil atau tidak dapat diketahui secara medis dengan peralatan yang akurat, yaitu USG atau tes darah. Hal ini menjadi saran harus dilakukan demi kesehatan. Info pentingnya juga tersedia di Orami Magazine.
Labels: Heathly

Thanks for reading Pahami Gejala Kehamilan Ini dan Periksakan Diri. Please share...!

Back To Top