Tips Pola Makan untuk Menambah Berat Bayi dalam Kandungan

Pada umumnya wanita hamil cenderung membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi dari biasanya. Pasalnya asupan kalori ibu hamil setiap harinya sangat penting untuk menambah berat bayi dalam kandungan. Untuk itu tingkatkan asupan kalori Anda dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Berikut pola makan yang bisa Anda terapkan.

Protein
Selama masa kehamilan ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi 90 hingga 100 gram protein setiap harinya. Pasalnya protein memiliki peranan yang cukup penting terhadap keseluruhan perkembangan janin. Terutama untuk perkembangan otaknya. Makanan sumber protein sehat yang bisa dikonsumsi seperti kacang almond, ikan, susu, daging sapi dan lainnya.

Karbohidrat
Ya karbohidrat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan baik untuk wanita hamil maupun tidak. Namun bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat baik dalam bentuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, dan kacang polong. Bahkan Anda bisa mengganti nasi dengan kentang sebagai sumber karbohidrat utama.

Lemak Tak Jenuh
Selama masa kehamilan asupan lemak tak jenuh juga memiliki peran yang cukup penting untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi. Kandungan yang satu ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh janin selama masa perkembangan dan pertumbuhannya. Meski begitu Anda tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan.

Gula
Tanpa disadari ternyata buah segar dapat dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan semala masa kehamilan sekaligus memberikan asupan gula yang sehat bagi janin. Selain itu, Anda juga perlu membatasi konsumsi permen dan manisan paling tidak 100 kalori setiap harinya. Pasalnya kalori yang berasal dari makanan tersebut hanya akan menambah berat janin sedikit.

Kalsium
Kalsium merupakan asupan gizi yang sangat dibutuhkan janin dalam kandungan. Pasalnya kalsium memiliki peranan yang penting untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat pada janin. Tak hanya itu saja, kalsium juga berperan untuk membuat darah menggumpal secara normal, jantung berdetak normal, hingga sistem syaraf berfungsi dengan lebih baik.

Zat Besi
Selama masa kehamilan asupan zat besi juga perlu Anda penuhi. Biasanya Anda membutuhkan asupan zat besi lebih banyak hingga 2 kali lipat pada trimester kedua dan ketiga. Zat besi memiliki peranan yang penting dalam membentuk sel darah merah agar terhindar dari anemia. Selain itu zat besi ini juga membantu untuk pertumbuhan janin dan plasenta.

Asam Folat
Ternyata mengonsumsi asal folat sebelum dan sesudah kehamilan dapat membantu mengurangi risiko bayi lahir cacat atau cacat tabung saraf. Asal folat termasuk ke dalam salah satu sumber vitamin B. Untuk itu agar masa kehamilan Anda dapat berjalan dengan baik, pastikan Anda memenuhi kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh janin.

Itulah beberapa pola makan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil untuk menambah berat bayi dalam kandungan. Ternyata menjaga pola makan tak hanya bermanfaat untuk menambah berat badan janin saja, namun juga agar kesehatan Anda dan janin dapat terjaga dengan baik. 
Labels: Heathly

Thanks for reading Tips Pola Makan untuk Menambah Berat Bayi dalam Kandungan. Please share...!

Back To Top